Rangkuman Materi Kuliah 1

PETA

Definisi Peta

- Arti praktis dari peta adalah gambaran grafis dari objek-objek pada sebagian kecil, sebagian besar, atau pada seluruh permukaan bumi.
- Arti lain dari peta ialah representasi dua dimensi seluruh atau sebagian dari permukaan bumi yang menunjukkan kenampakan alami dan buatan manusia, dikontruksi pada bidang proyeksi tertentu dengan skala tertentu.


Beberapa alat/software  yang bisa di gunakan untuk membuat peta adalah:
- GPS
- ArcGis

Komponen Standar Minimal Peta
1. Muka Peta, adalah tempat untuk menempatkan muatan peta berupa simbol, titik, garis atau poligon yang merupakan isi utama dari peta tersebut.

2. Judul Peta, adalah identitas atau nama untuk menjelaskan isi atau gambar peta. Judul peta berada di bagian atas peta.

3. Arah Angin, merupakan panduan yang di gunakan untuk menentukan arah. Umumnya di gunakan dalam navigasi, kompas, dan peta. Arah angin biasanya hanya menunjukkan arah utara (U), namun tidak semua peta arahnya utara.

4. Skala Peta, adalah rasio antara jarak pada peta dengan jarak sebenarnya di atas permukaan bumi. 1cm pada peta mewakili 50.000 cm pada jarak sebenarnya (1:50.000).
Skala terbagi 2 yaitu:
1). Sakala Teks (1:50.000)
2). Skala Batang


5. Informasi Proyeksi, informasi proyeksi berisi:
1). Proyeksi
2). Sistem Grid
3). Zona UTM

6. Legenda, merupakan suatu daftar atau tabel yang menunjukkan tanda-tanda atau simbol-simbol konvensional. Kerena sering digunakan pada suatu tampilan di sebelah kanan atau pada tampilan tengah dari peta. (untuk pewarnaan ada aturannya di dalam RTRW/RDTR/RTBL; ada pada bagian peraturan perundang-undangan)

7. Inset Peta (Peta Kecil), Untuk menjelaskan batas administrasi yang lebih besar. Atau bisa juga untuk mengetahui wilayah makro dan mikro.

8. Sumber Peta, biasanya sumber peta berasal dari Badan Informasi Geospasial (BIG). BIG merupakan badan yang mengurusi perpetaan di Indonesia.

9. Garis Lintang dan Garis Bujur (Grid)
10. Garis Tepi
11. Logo Instansi



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Landsat

RANGKUMAN MATERI TOPOGRAFI

KARTOGRAFI 1